Thursday, August 29, 2013

Fungsi & Kedudukan Bahasa Indonesia

Bahasa mempunyai dua makna dasar yaitu suatu konsep abstrak dan juga sebagai suatu sistem linguistik yang memiliki sifat spesifik. Bahasa Indonesia merupakan contoh arti dasar sistem linguistik yang spesifik.

Fungsi Bahasa dapat dikategorikan menjadi dua yaitu fungsi umum dan fungsi khusus.
1. Sebagai alat yang dapat dipakai untuk mengungkapkan dan mengekspresikan perasaan.
Dengan menggunakan bahasa manusia dapat mengungkapkan maksud, gambaran, dan perasaan yang ada di hati dan pikiran kita secara terbuka. Ada dua alasan yang merangsang kita untuk berbahasa yaitu untuk menarik perhatian orang lain dan untuk membebaskan diri dari tekanan emosi.

2. Sebagai alat komunikasi.
Bahasa adalah  penyalur maksud seseorang yang memungkinkan masyarakat untuk dapat bekerjasama. Ekspresi diri mengakibatkan terjadinya komunikasi. Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi,berarti memiliki maksud agar para pembaca maupun pendengar menjadi sasaran paling utama perhatian seseorang.  Bahasa bisa dibilang komunikatif karena sifatnya yang umum. Sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain sebagai teman berkomunikasi, manusia menggunakan dua cara berkomunikasi, yakni verbal dan non-verbal.
Komunikasi verbal dilakukan melalui alat/media bahasa (tulis dan lisan), sedangkan komunikasi  non-verbal dilakukan melalui media berupa aneka simbol, kode, isyarat, serta bunyi seperti mercusuar, sirine, tanda lalu lintas kemudian diterjemahkan ke bahasa manusia yang dipahami secara umum.

3. Sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi sosial.
Ketika beradaptasi di lingkungan sosial, seseorang akan menggunakan bahasa tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Seseorang  akan memakai bahasa yang tidak standar ketika berbicara kepada teman dan memakai bahasa standar saat berbicara kepada orang yang lebih tua atau yang dihormati. Seseorang yang mampu menguasai bahasa suatu kaum, suku, bangsa akan lebih mudah berbaur, menyatu, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana dia berada.

4. Sebagai alat kontrol Sosial.
Bahasa berfungsi sebagai alat kontrol sosial yang dapat memengaruhi tingkah laku, sikap, serta tutur kata orang. Kontrol sosial bisa diterapkan pada diri sendiri dan juga masyarakat.


1. Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari- hari.
Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan komunikasi. Komunikasi tersebut dapat menggunakan bahasa formal dan non-formal.
2. Mewujudkan Seni (Sastra).
Bahasa bisa digunakan untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni seperti puisi,syair, prosa dan lain-lain. Kadang kala bahasa yang dipakai memiliki makna konotasi yang membutuhkan pemahaman lebih untuk mengartikan makna yang terkandung.
3. Mempelajari bahasa- bahasa kuno.
Baasa dapt digunakan untuk mengetahui hal-hal atau peristiwa sejarah dari peninggalan tulisan-tulisan kuno
4. Mengeksploitasi IPTEK.
Pengetahuan yang ditemukan dan terus dikembangkan dapat didokumentasi agar tidak hilang dengan menggunakan bahasa atau tulisan.

Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia


Penjelasan fungsi  bahasa Indonesia terdapat dalam UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan. Pada Bagian Kesatu, Umum, Pasal 25  dijabarkan sebagai berikut:


 Klik link diatas untuk membaca selengkapnya tentang fungsi dan kedudukan bahasa indonesia

No comments:

Post a Comment